Jumat, 12 Desember 2008

kuliner sate padang

sate syukur

Suka sate? Rata-rata orang Indonesia suka makanan yang satu ini. Macem-macem sate ada di Indonesia. Sate madura, sate buntel, sate blora, sate padang. Tiap sate ini pun punya ke-khas-an sendiri, dan punya peminat masing-masing.

Begitu juga sate padang. Dulu pas aku SD dan masih tinggal di Bandung, aku pernah diajak alm. papa ku makan sate padang di deket Pasar Kosambi Bandung. Kesan pertama ku waktu itu, aku nggak terlalu doyan ama makanan yang satu ini. Rasa bumbunya aneh (kebanyakan jinten) dan bentuk bumbunya itu lho …. (maaf) kayak pup nya bayi.

Setelah tinggal di Medan, aku juga pernah punya pengalaman tersendiri soal sate. Pas hamil Mas Alif, anak pertamaku, aku pernah ngidam makan sate madura yang kayak di Jawa … eehhmmm, bayanganku kayak sate Jl. Maulana Yusuf Bandung yang selama ini emang jadi kegemaranku banget. Karena aku dan suami adalah orang baru di Medan, kami nggak tau dimana tempat jual sate madura yang enak. Kebetulan pas pulang dari kantor, aku baca ada yang jual sate bumbu kacang. Waaah, ini kali yaaa .. So, kami mampir dan pesan untuk dibungkus. Sampe dirumah, dengan semangat, bungkusannya aku buka. Waaaakkk … aku langsung mual gara-gara ngeliat buntelan sate dalam adonan bumbu kacang yang kenteeeell banget … walah, jauh banget dari bayangan deh.

Emang, di Medan ini rata-rata orang mengenal sate (padang) dengan 2 macam bumbu. Pertama bumbu padang, yang warnanya kekuningan dan kental karena pakai kanji. Kedua bumbu kacang, tapi jenisnya beda sama bumbu kacangnya sate madura. Tapi setelah hampir 10 tahun tinggal disini, akhirnya aku malah jadi suka banget sama sate padang.

Sate padang ter-enak yang pernah aku coba adalah sate padang Mak Syukur. Warung sate ini ada di pinggir jalan besar di daerah Padang Panjang, suatu kota kecil yang ada di antara Kota Padang dan Kota Bukittinggi. Sate Mak Syukur ini sangat terkenal diseantero urang awak .. bahkan hingga yang di rantau. Sate yang disajikan disini potongan dagingnya besar (tapi tipis), semua dimasak dengan bumbu yang merasuk hingga ke serat dagingnya. Yup, beda ama sate madura yang dagingnya dipanggang dari mentah, sate padang ini dimasak dulu dagingnya pake bumbu baru dipotong dan ditusuk lalu dipanggang sebagai tambahan rasa harum dan hangat.

Yang tergolong istimewa dari sate Mak Syukur ini adalah bumbunya. Pengalamanku dulu ama bumbu yang terlalu berjinten enggak terjadi di sini. Bumbu disini rasanya emang ber-rempah, tapi enggak menyegat, dan juga enggak plain … pas lahh. Kentalnya juga pas, gak pake kanji. Paling enak kalo bumbu ini dimakan pake kerupuk jangek … atau kerupuk kulit, ato kerupuk rambak kalo orang Jawa Timur bilang. Dijamin, berbungkus-bungkus kerupuk tau-tau tandas enggak terasa, hehehe ….

Nyari lokasi warung ini juga guampang banget. Semua kendaraan tujuan Padang-Bukittinggi pasti lewat depan warung ini. Tempatnya juga bersih, luas, dan area parkirnya mencukupi. Tapi … jangan terlalu sore datang ke sini. Menjelang maghrib biasanya udah ludes. Apalagi kalo puasa dan lebaran … wahhh … segala mobil dengan nomer plat se- Indonesia Raya bisa ditemuin di warung ini. Nggak jarang malah si pembeli terpaksa makan dimobil karena nggak kebagian meja.

Selain sate, jus alpokat di warung ini juga layak dicoba. Rasanya enak, manisnya pas dan enggak banyak pakai air … jadi kental dan terasa banget alpokatnya. Ihhh …. jadi ngences nih :)

So, buat yang punya kesempatan ke Ranah Minang, cobain deh makan disini. Semoga jadi pengalaman menyenangkan … sejuknya hawa Padang Panjang dipadu dengan sate yang hangat … eemhhh ….

Bundooo … ambo lah taragak pulang kampuang … (Ibu … saya udah kangen pulang kampung -red) …

Tidak ada komentar:

Posting Komentar